Strategi Promosi Unik Agar Omset Naik

Menjalankan sebuah usaha tentunya memiliki tujuan penting, yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Usaha yang bisa mendatangkan profit maksimal ditandai dengan Omset yang terus naik. Menaikan Omset penjualan tentu harus didukung oleh maksimalnya Promosi yang dilakukan.

 

Seperti yang dilakukan oleh beberapa pengusaha di bidang kuliner Martabak, yang ada di Jakarta ini. mereka melakukan strategi khusus berupa promosi yang unik, untuk bisa menarik pelanggan sebanyak mungkin ke gerai Martabak mereka.

Bagaimana cara mereka melakukan strategi promosi unik tersebut, berikut penjelasanya :

 

  1. Usaha Martabak Gibran, Markobar (Martabak Kota Barat)

 

Putra Sulung Presiden Jokowi ini telah membuka usaha kuliner barunya, yaitu Markobar. Dia paham betul bahwa untuk bisa menarik perhatian pelangganya, perlu sesuatu yang unik yang ada dalam martabaknya, ia memiliki menu khas yaitu martabak dengan berbagai macam Topping di dalamnya. Strategi promosi yang ia buat juga unik, yaitu menambahkan kata “Kampungan” untuk setiap menu martabak yang dibuat. Bisa dibilang, Gibrar paham untuk masalah Branding produknya. Promosinya memanfaatkan sosial media seperti Twitter dan Instagram, dengan menggunakan Caption yang sarkastik.

 

  1.  Usaha Martabak  Lia, Martabak Terang Bulan

 

Seperti hal nya Gibran, seorang pengusaha kuliner martabak lainya yang bernama Lia juga selalu memikirkan strategi unik dalam promosinya, agar ia tidak kehilangan pelanggan setianya. Lia melakukan strategi promosi lewat Sosial media, terutama dengan memposting foto-foto martabak terang bulan yang lezat lewat Instagram dan memiliki satu-satunya varian rasa yang diklaim hanya dimiliki Martabaknya ini, yaitu rasa Smoked Beef Mozarela.Per hari 200 loyang Martabak telah terjual.

 

  1. Usaha Denis, Martabak Denis

 

Martabak Denis ternyata memiliki strategi yang unik juga, selain sama-sama menjual martabak, dia malah mengolah sendiri resep tepung olahan martabaknya, yang kemudian dia sebarkan di beberapa gerai mitranya di Jakarta. selain berpromosi Martabak miliknya, dia juga berpromosi produk olahan tepung martabaknya sendiri. untuk masalah topping, martabaknya ini hadir dalam topping unik seperti Blackforest, greentea, pandan dan lainya. Sosial media tentunya menjadi salah satu senjata Martabak Denis untuk terus berjualan. Omset usahanya perhari kini mencapai Rp. 5 Juta/hari.

 

Perlu Strategi Unik Untuk Menaikan Omset Penjualan

 

Dapat disimpulkan bahwa ketiga Usaha kuliner Martabak di atas, berhasil menaikan omset penjualan mereka, karena adanya startegi unik yang mereka lakukan,baik pada segi produk maupun promosinya. Jangan hanya menjual produk yang sudah umum dijual pengusaha lainya, mulai berinovasi yang tinggi pada produk dan juga melatih Promosi Online lewat sosial media, untuk menjaring lebih banyak lagi pelanggan.