6 Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing

6 Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing

Mobileshop

Tips sukses bagi Anda yang ingin menggeluti profesi sebagai marketing adalah sebagai berikut :

Siapa yang tidak mengenal istilah marketing? Dalam suatu perusahaan, marketing memiliki peranan terpenting. Mengapa? Karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar.

Sementara perusahaan memiliki jumlah konsumen yang menentukan besarnya pemasukan. Semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.

Bisa dikatakan marketing adalah nahkoda dalam sebuah kapal perusahaan  karna perannya sangat berpengaruh dalam penjualan produk perusahaan yang menunjang kemajuan sebuah perusahaan.berikut ini tujuh tips sukses bagi Anda yang ingin menggeluti profesi sebagai marketing:

  1. Buat Strategi dan Target Konsumen


Buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama melakukan kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen.

Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa dan buat strategi serta target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

  1. Menguasai Product Knowledge


Satu-satunya cara supaya meyakinkan pembeli atau klien adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Memahami Perilaku Konsumen


Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan Anda bidik. Bisa jadi Anda mengarahkan komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Maka dari itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang Anda arah untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

 

  1. Memperluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan


Memiliki jaringan bisnis yang cukup luas tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jaringan bisnis yang Anda miliki. Di mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, memudahkan Anda dalam pemasaran bisnis.

Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan melalui bantuan jaringan bisnis yang Anda bangun dengan baik. Bertambah besar peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru maka semakin luas jaringan yang anda miliki. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

  1. Memperhatikan Respon Konsumen


Terkadang setiap pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila ada pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, cantumkan respon bukti yang nyata supaya memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

  1. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah


Kegiatan sebagai marketing memiliki tantangan dan hambatan yang besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.

Seorang marketing sejati harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang Anda pasarkan.Kunci utama kesuksesan sebagai seorang marketing dengan cara optimis dan pantang

Itulah yang menjadi tips sukses menjadi seorang marketing,memang  diperlukan dasar sikap seorang marketing ialah tidak pernah patah semangat dan terus konsisten dalam terus memasarkan produk yang tentunya diperlukan strategi cerdas dan powerfull.
terutama menyikapi perkembangan era digital hari ini,memaksa marketer untuk terus berkembang mengikuti trend market yang dibarengi strategi dan riset market yang efektif, karna offline saja tidak cukup maka online harus sudah menjadi pilihan dalam mengembangkan stratergi marketing. Adapun pada kesempatan selanjutnya kita akan  membahas tentang strategi marketing online ..
Kunjungi juga untuk anda yang tertarik mengenal salah satu pendukung strategi marketing online yaitu website  dan aplikasi online .
www.mobileshop.co.id

Terimakasih