5 Tips Cara Paling Jitu Memulai Berjualan Online Untuk Pemula

5 tips cara paling jitu memulai berjualan online untuk pemula











      Langkah-langkah mulai berjualan online sampai berhasil mendapatkan  pembeli. Membayangkan berjualan online itu bisa jadi menarik tapi menyeramkan. Di satu sisi kita melihat ada kurang-lebih 90 juta pengguna internet di Indonesia, nah ini adalah pasar Anda.

                                       Tapi di sisi lain, cara untuk memulainya sangat rumit ?

Mungkin karena teknologi, Anda ngerasa gaptek dan sudah putus asa sebelum mulai. Padahal seandainya ada tips dan cara yang bisa diikuti seperti melipat origami waktu TK dulu.

pasti banyak sekali penjual offline yang ikut online.

Inilah tahapannya.

    Setelah membaca artikel ini, anda akan tahu apa saja yang bisa anda lakukan saat ini juga untuk memulai berjualan online.

apalagi anda adalah seorang pemula yang baru pertama kali mengakses internet.

Mungkin ada Satu kesalahan besar yang masih saja dilakukan

    Sebenarnya berjualan secara online sekarang ini sangat mudah, sejak adanya jasa pembuatan toko online dan juga web bisa terintegrasi dengan Aplikasi ditambah dengan Fitur Notification, ini memudahkan Anda ketika uptadate produk, order dll. Muncul pemberitahuan kepada Hp user. Mantapppp.. ia mantap kalau Anda tau Peluang :)

Dan juga karena adanya marketplace seperti bukalapak, tokopedia. dan yang terbaru yaitu KLikQuick yaitu gabungan marketplace dan ojek online seperti Gojek.

Dalam 5 menit dari sekarang juga anda sudah bisa mulai jualan online dan mendapatkan pembeli. Mudah bukan?

Atau ada juga bisa memulai berjualan di social media…Facebook, Instagram, dan BBM.

Bahkan ada beberapa penjual yang benar-benar hanya mengandalkan marketplace atau social media untuk berjualan.

Memang itu bisa…

Tapi ada banyak kelemahan besar di dalamnya.

     Pertama, tempat-tempat berjualan itu bukanlah milik anda sendiri. Di ibaratkan anda menumpang jualan di rumah orang lain.

Akibatnya sewaktu-waktu bisnis anda bisa ditutup…

Selain itu, anda juga jadi terlihat tidak ada bedanya dengan penjual lain, dan Ini tidak bagus untuk jangka panjang, karena anda tidak akan dikenal.

    Kedua,bisnis Anda sulit berkembang.

Saya sering melihat yang 100% mengandalkan social media untuk berjualan. Bisnisnya stabil2 saja …dan tidak kehabisan pembeli, memang... tapi dari dulu begitu-begitu saja gak bakalan maju.


Terus Apa Solusinya?

Gunakan keduanya.

     Membesarkan website sendiri butuh waktu, anda bisa memanfaatkan marketplace dan social media untuk memperkenalkan mereka ke website toko online anda sendiri.



Tips Cara ke 1 – Belum tahu mau jualan apa?

     Ini permasalahan terbesar dari orang yang ingin memulai berbisnis.

(Kalau anda sudah tahu apa yang akan anda dijual, lanjutkan ke tips Cara ke 2)

Pilihan terbaik Anda yang rela sedikit lebih repot yaitu membuat produk sendiri. Produk digital tidak sulit dibuat asalkan anda mempunyai keinginan dan kemampuan yang bisa dijadikan produk.

Atau bisa juga dengan menjual jasa.

Menjadi reseller atau dropshipper.

Yang jelas, permasalahan ini harus segera anda selesaikan…karena anda sendiri yang tahu apa yang ingin anda jual untuk bisnis jangka panjang.

Tips Cara ke 2 – Membangun pondasi website & Aplikasi  ( Toko Online)

     Seperti yang sudah disebutkan tadi, jika anda menumpang di “rumah” orang lain saja itu tidak cukup. Mungkin dalam jangka pendek bisa…tapi bukan untuk jangka panjang.

Anda harus memiliki website sendiri.

Anda Butuh biaya untuk membuat Webiste Toko Online Sendiri.

Tapi biaya ini tidak ada apa-apanya dibandingkan pendapatan yang akan anda peroleh dari penjualannya.

Kalau anda benar-benar ingin mulai tanpa modal, 0 Rupiah, tidak perlu langsung membuat website. Caranya anda Jual produk/jasa pertama anda untuk Membuat Website Toko Online.


Harganya Berapa ?

Biaya hosting per Tahunnya hanya sekitar Rp 700.000 – 1.000.000 dan harga domain sekitar Rp 100.000 per tahun. Atau kurang lebih 1.000.000 per tahun.

Dengan kata lain kalau misalnya profit anda 10ribu dari 1 produk, berarti terjual 1000-10.000 pertahun juga sudah “balik modal”.


BIKIN TOKO ONLINE ATAU JUALAN LANGSUNG?

Bicara tentang jualan online, biasanya berkaitan dengan toko online atau biasa disebut ecommerce.

DENGAN SISTEM ECOMMERCE

     Ecommerce lebih mudah apabila anda punya puluhan produk, karena sudah terintegrasi dengan sistem keranjang belanja, pembayaran, pengiriman, inventory, dan lain-lain.

Untuk pembuatan website toko online disarankan menggukan jasa MOC, Silahkan anda kunjugi website www.mobileshop.co.id atau www.moc.co.id atau juga www.mediaonlinecenter.com  ada banyak pilihan lain tapi ini yang disaranakan :) jangan tanya kenapa, ini yang sekarang terbaik dan Terjangakau harganya, dengan Fitur Profesioanl yang menunjang jualan Online.
 

Tips Cara ke 3 – Membangun pondasi social media

     Sebagai penjual, tentunya kita harus bisa mengundang pembeli supaya datang. untuk itu kita akan masuk ke tempat yang banyak orangnya, yaitu social media.

Tapi ingat:

Social media adalah sarana pemasaran dan komunikasi dengan kustomer, BUKAN sebagai tempat jualan utama bisnis anda.

Undanglah mereka ke website anda untuk membeli.

Perlu diingat bahwa tidak semua produk/jasa bisa berhasil dipasarkan dengan social media. Lihat kembali target pasar bisnis anda.

Beberapa social media yang umum digunakan untuk pemasaran seperti :

  • FB
  • Instagram
  • BBM
  • Line@

Tidak harus menggunakan semuanya…

Justru lebih sedikit lebih baik, karena anda bisa jadi lebih fokus untuk mengembangkan bisnis anda.

Jadi pastikan dulu di awal, target pasar anda sebagian besar aktif di sosial media yang mana. Lalu anda juga harus aktif di social media yang sama.


BACA JUGA : 

Sebaiknya Bisnis Sendiri Atau Bermitra? Tips Sukses Berbisnis

3A. FACEBOOK

Yang pertama kali harus anda lakukan:

  1. Buatlah pageuntuk bisnis anda
  2. Gunakanlah foto dan cover yang bagus
  3. Lengkapilah semua deskripsi usaha
  4. Jangan Lupa Sertakan link ke halaman website Toko online Anda
  5. Buatlah Kontek yang bermanfaat dan Memungkinkan Viral

Jejaring sosial yang satu ini kelihatannya mudah, tapi sebenarnya Lumayan sulit.

Oleh karena itu jangan sembarangan ketika menggunakannya.

Facebook punya filter spam yang sangat luar biasa ketatnya…parahnya anda tidak akan diberitahu kalau anda sudah dicap sebagai tukang spam.

Makanya banyak orang yang justru jadi hanya buang-buang waktu di Facebook.

Jangan pernah beli like!

…meskipun jika anda menggunakan Facebook Ads yang resmi.

Kalau anda punya banyak follower, tapi tidak pernah ada yang berinteraksi dengan semua postingan anda…maka lambat laun semua postingan dari anda tidak akan pernah bisa muncul di News Feed orang lain.

Usahakan setiap postingan anda mendapatkan banyak like/share/komentar.

Tips Ini yang bisa anda jadikan postingan:

  • Posting yang lagi Tren atau berita dalam industri yang terkait dengan bisnis anda
  • usahakan Foto yang menarik dengan kualitas yang baik
  • bisa juga Kisah inspiratif atau kata mutiara
  • Foto produk yang harus tetap menarik

Perbandingannya 9:1, setelah 9 kali mengirim post yang menarik barulah anda boleh 1 kali mempromosikan produk anda.

Foto produknya pun haruslah berkualitas.

 

3B. INSTAGRAM

kenapa  Sekarang Instagram jadi populer digunakan untuk bisnis:

Di Facebook engagement rate tiap post hanya sekitar 0,05-1%, tetapi di Instagram mencapai 4,21%. Artinya foto postingan anda akan mendapatkan lebih banyak interaksi (berupa komentar/like).

Makanya di Indonesia (bahkan dunia) banyak bisnis yang aktif di sosial media Instagram ini.

Cara yang pertama kali harus anda lakukan di Instagram:

  1. Buat akun Instagram (harus dari iOS/Android)
  2. Lengkapi bio dengan kontak bisnis anda untuk dihubungi
  3. Pasang link website toko online di profil
  4. Perhatikan Unsur visual Foto Produk Anda

Tipsnya tiap kali mengirim foto ke Instagram:

  • Foto haruslah indah (kalau tidak bisa menyediakan foto yang bagus, lebih baik gak usah pake Instagram)
  • Gunakanlah 5-10 #hashtag yang relevan
  • Jumlah post yang optimum 1-2 kali sehari (bisa saja lebih kalau memang foto dari anda menarik)
  • Untuk foto produk anda sertakan juga deskripsi, harga, dan cara membeli
  • Janganlah berkomentar spam ke foto orang lain yang tidak berkaitan

 

 

3C. BBM (BLACKBERRY MESSENGER)

Ini adalah Salah satu aplikasi chatting terbesar di Indonesia yang sering disalah gunakan.

Meskipun banyak sekali yang mengaku BBM itu bisa dijadikan sebagai tempat berjualan, tapi banyak orang yang berjualan di aplikasi ini akhirnya gagal.

Malah mungkin tidak ada yang sudah berhasil, untuk bisnis jangka panjang.

Itu karena BBM memanglah bukan tempat jualan…kita aktif di BBM bukan untuk mencari produk, melainkan hanya untuk berkomunikasi.

Jadi manfaatkan lah aplikasi ini untuk komunikasi saja.

Ini yang harus anda lakukan di BBM:

  1. Buat akun BBM
  2. Gunakan nama, foto, dan personal message yang mewakili Toko Online anda
  3. Simpan PIN BBM di website dan social media
  4. Jangan pernahmengirim broadcast message
  5. Jangangonta-ganti foto dan personal message
  6. Janganmeng invite kontak sembarangan

Saran di atas bertentangan dengan artikel-artikel lain yang mungkin saja pernah anda baca sebelumnya.

Karena memang pada kenyataannya, tidak ada orang yang suka mendapatkan pesan broadcast yang berisi produk penjualan. Walaupun dari penjual yang mereka add sendiri sebelumnya.

Dan juga dengan update foto dan personal message.

Lama-kelamaan kontak bisnis anda pasti akan dihapus.

Terus....Solusinya bagaimana?

…untuk ini tidak ada solusi.

Kalau anda tidak ingin bisnis anda dibenci oleh orang lain, jangan pernah menggunakan BBM untuk tempat berjualan.

Sebagai alternatif, cobalah gunakan LINE@.

Tapi Konten yang anda kirimkan tetap harus menarik, sama seperti tips pada Instagram dan Facebook.

Jangan salah paham terlebih dahulu…

Kami tidak menyuruh anda untuk tidak menggunakan BBM sama sekali.

Ada baiknya anda tetap punya akun BBM karena BBM masih merupakan sarana yang baik untuk berhubungan karena paling umum dan murah dengan calon kustomer secara online.


Tips Cara ke 4 – Mendapatkan penjualan pertama

     Membuat pondasi website dan social media itu  sangat mudah…tantangan sebenarnya adalah mendapatkan pembeli pertama produk anda.

Jika Tidak bisa menjual berarti bisnis anda akan gagal.

Ada beberapa faktor penentu dari keberhasilan penjualan yang sudah jelas. Misalnya karena harga yang bersaing, kualitasnya baik, pelayanannya ramah.

Mari kita asumsikan bahwa anda sudah yang terbaik dalam 3 hal itu.

Tapi Belum tentu juga Anda bisa mendapatkan pembeli…

Mengapa?

Karena 90% yang ada di pasaran sama semuanya dengan anda. Harga produk dari si A dan si B tidak jauh berbeda, kualitasnya pun sama-sama unggul. Kalau begitu, ketiga hal tadi sudah tidak lagi relevan… ya kan?

Harga rendah, kualitas tinggi, dan pelayanan yang ramahramah…kalau ini saja belum cukup.

Jadi yang lebih penting yaitu bagaimana anda bisa muncul di depan wajah mereka, dan meyakinkan mereka agar membeli produk dari anda.

Dalam Tips Cara kali ini kita akan membahas cara mendapatkan pembeli bagi anda yang baru mulai berjualan online.

Satu hal lagi:

Jangan "hanya" mengandalkan SEO.

Anda butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa mencapai halaman pertama dari mesin pencarian. Ditambah lagi kalau anda cuma bergantung dengan SEO, kemungkinan besar anda tidak akan bisa berhasil.

Hasil dari SEO itu nanti akan datang dengan sendirinya…

Untuk sekarang, lakukan tips dan cara berikut ini:

 

4A. BUAT KONTEN DAN DISTRIBUSIKAN

     Tidak ada yang ragu bahwa social media dan situs komunitas merupakan tempat terbaik untuk mendatangkan banyak pengunjung dengan cepat.

Tapi banyak juga yang tidak berhasil…karena cara promosi yang salah.

Ini masalahnya:

Karena Mereka langsung mempromosikan link menuju homepage-nya atau halaman penjualannya ke dalam situs komunitas.

Di internet ada 3 jenis orang yang berbeda:

orang yang Mencari informasi, Mencari hiburan dan Membeli produk/jasa

Dan yang ada di situs komunitas hanya tipe 1 dan 2.

Artinya kalau anda menaruh link yang isinya tentang penjualan, hasilnya ada 2: yaitu ditendang keluar, atau dicap sebagai spammer.

Sangat Percuma.

Tapi meskipun begitu bukan berarti anda tidak bisa mempromosikan di situs komunitas…bisa saja, tapi caranya yang harus diubah.

Seperti ini:

  1. Cari situs komunitas yang sesuai dengan bisnis anda
  2. temukan permasalahan utama dari orang-orang di sana
  3. Buatlah konten yang bisa menjadi solusi permasalahannya
  4. Distribusikan kepada mereka

Karena sebagian besar orang yang ada di internet ingin mendapatkan informasi, maka strategi seperti ini sangat efektif dan bagus untuk memperkenalkan mereka dengan bisnis anda dan mendapatkan pembeli.

Bukan hanya itu, website anda juga akan mudah ditemukan lewat mesin pencari karena backlink yang baik dari komunitas.

4B. MULAI BEREKSPERIMEN DENGAN FACEBOOK ADS DAN GOOGLE ADWORDS

     Facebook Ads , instagram Ads dan AdWords merupakan 2 platform iklan digital terbesar saat ini. Selain volumenya besar, kualitas pengunjung dari ketiganya juga tinggi karena tepat sasaran.

Kalau anda punya budget pemasaran, gunakan salah satu, dua atau semuanya.

Dibandingkan dengan metode pemasaran lain, dengan beriklan anda bisa mendatangkan banyak pengunjung sekaligus dalam waktu singkat.

Tetapi karena butuh biaya, maka anda harus bereksperimen untuk mendapatkan hasil paling baik dengan biaya terendah.

Pertanyaan terbesarnya yaitu:

Pilih Facebook atau AdWords atau instagram?

Tidak ada jawaban yang benar-benar pasti. Semua tergantung apa yang anda jual, dan kepada siapa anda menjualnya…selain itu juga selera pribadi.

Ini mungkin bisa anda jadikan pertimbangan:

  1. Kalau website yang anda inginkan banyak dicari lewat Google, gunakan AdWords. Kalau bukan, gunakan Facebook
  2. Interest dan demografi di Facebook lebih akurat dibanding dengan adwords
  3. tapi Untuk konversi penjualan, AdWords lebih unggul (tapi untuk harga per klik lebih mahal)
  4. Untuk konversi non-penjualan, Facebook lebih unggul
  5. kalau instagram , sama halnya seperti facebook.

Beriklan secara online itu bereksperimen, anda akan tahu hasilnya mana yang terbaik setelah anda mencoba.

4C. DAPATKAN ENDORSEMENT DARI SELEBGRAM

     Meskipun secara pribadi saya belum pernah mencoba yang ini, tapi sepertinya banyak orang Indonesia yang mengaku mendapatkan hasil positif setelah di-endorse dari seleb Instagram.

Cara kerjanya seperti ini:

  1. Cari akun Instagram yang followernya banyak dan merupakan target pasar anda
  2. Kirimkan mereka produk secara gratis dari anda
  3. kemudian Mereka akan merekomendasikan produk anda kepada followernya lewat foto

Jadi tanpa ada biaya tambahan selain mengirimkan produk.

tips selanjutnya:

Kalau anda ingin mendapatkan banyak follower, bisa juga dengan cara anda membuat kontes kecil-kecilan.

Minta kepada si selebgram agar memberitahu followernya bahwa anda mengadakan kontes untuk mendapatkan produk yang di-endorse.

Misal anda punya produk kosmetik.

Untuk bisa mendapatkan produk anda secara gratis, mereka harus mem-follow akun anda. Kemudian pemenangnya anda pilih dari daftar follower.

Bisa juga ditambah agar menyuruh mereka mengupload foto koleksi make-upnya.

Dengan begitu, jangkauan bisnis anda akan semakin luas dan mereka punya alasan untuk mem-follow akun anda.

Tapi ingat, sebelum mulai akun anda sendiri sudah harus sudah punya foto-foto yang menarik.

 

Tips Cara 5 – Dari sekedar jualan menjadi sebuah bisnis

     Berhasil menjual bukan berarti sudah berhasil berbisnis. atau Sukses menjual kepada sekian ratus orang, itu juga bukan berarti anda sudah punya sebuah bisnis.

Perbedaan besar.

Kalau anda hanya menjual, maka besar kemungkinannya beberapa tahun atau bulan ke depan pemasukan anda akan berhenti.

Sedangkan target kita yaitu membangun sebuah bisnis jangka panjang.

Bahkan sampai nanti anda usia pensiun.

Lalu apa bedanya menjual dengan berbisnis?

Ini:

 

marketing funnel, atau perjalanan seorang kustomer dari belum kenal sampai memutuskan untuk membeli.

  1. Awareness: yaitu sadar dengan keberadaan anda
  2. Interest: yaitu tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut
  3. Consideration: yaitu memutuskan untuk mencoba
  4. Purchase: adalah membeli
  5. Retention: yaitu tetap menggunakan layanan anda, loyal
  6. Advocacy: yaitu merekomendasikan anda kepada orang lain

Kalau anda hanya menjual saja , berarti proses anda hanya sampai di nomor 4 — purchase.

Seorang penjual tidak memikirkan tahapan berikutnya yaitu retention dan advocacy yang merupakan hal utama dalam kelangsungan sebuah bisnis…yaitu kepuasan pelanggan.

Ada 2 Akibatnya:

  • Penjualan tidak akan berkembang
  • Lama-kelamaan usahanya akan mati(Berhenti)

Retention dan advocacy bukan hanya diperoleh dari kualitas produk saja.

Karena kualitas (dan harga) itu adalah spek dasar…semua orang tidak akan membeli kalau tidak memenuhi keduanya. Jadi semua yang ada di pasaran sekarang pasti sudah bersaing.

Jadi penentu kepuasan bukan hanya itu saja.

Maka dari itu anda harus melihat marketing funnel ini secara keseluruhan dari 1-6, tidak hanya fokus pada bagian menjual menjual dan hanya sampai menjual saja..

5A. LAKUKAN CONTENT MARKETING

Content marketing yaitu pemegang peranan terbesar dalam siklus marketing funnel.

Contohnya seperti yang sudah dijelaskan tadi, supaya orang lain bisa mengenal anda maka sebaiknya anda menyediakan konten yang bermanfaat bagi mereka.

…itu tahapan awareness.

Bagaimana dengan iklan? Bukannya iklan itu lebih efektif mendatangkan banyak pengunjung?

Memang iya....

Tapi tidak semua bisnis bisa mengandalkan iklan supaya langsung mendapatkan penjualan. Lebih efektif kalau kita membuat mereka lebih tertarik dulu…sambil membangun rasa ...kepercayaan...

Artinya, meskipun dalam iklan anda membutuhkan konten.

Untuk membangun awareness, jenis konten yang terbaik adalah yang mengedukasi dan memberikan ...manfaat...

5B. LAKUKAN LIST BUILDING DAN EMAIL MARKETING

List building artinya yaitu proses mengumpulkan email2 dari para calon kustomer...

Sedangkan email marketing itu merupakan proses pemasaran dengan memanfaatkan email sebagai media utamanya.

Apa bagusnya menggunakan email?

  • Email marketing akan memberikan ROI sebesar 4.300%
  • 66% kustomer memutuskan untuk membeli akibat hasil email marketing

Statistik ini dikutip dari Direct Marketing Association, 2013.

Ini karena email adalah bagian dari kebiasaan kita. Bahkan karena email sudah terintegrasi dengan smartphone, dan membuat email bisa (dan akan) jadi lebih efektif daripada SMS.

Jadi email terasa lebih personal daripada konten yang hanya ditemui di blog misalnya.

Alurnya seperti ini:

  1. Pengunjung datang... ke website karena upaya content marketing
  2. Tertarik dengan konten... lantas mereka mendaftarkan emailnya
  3. Anda mengirimkan konten yang bermanfaat melalui email :)
  4. Terakhir, anda melakukan penjualan lewat .email.

Kalau dilihat di marketing funnel tadi, email marketing merupakan metode yang tepat untuk mengoptimasi upaya pemasaran bisnis anda pada bagian "consideration".

Itu sebabnya ROI dari email sangatlah tinggi.

Jadi dengan menggabungkan content marketing dan email marketing, hubungan positif dengan pembeli juga akan selalu terjaga dengan baik.

Sehingga bisnis anda sekarang sudah menyentuh 6 poin pada marketing funnel.

Bukan hanya itu saja…

Bisnis anda menjadi sebuah siklus yang tidak akan berakhir. Anda sekarang sudah punya sistem untuk mendatangkan pengunjung dan menjual dengan mudah secara otomatis.




Sekian! waktunya mulai jualan…

           Itulah semua tips dan cara yang perlu anda ketahui untuk mulai berjualan.

Mudah ya?

Semua langkah di atas tidak membutuhkan skill apapun untuk memulai, anda bisa belajar sambil melakukan(jalan).

Tapi saya yakin masih ada juga yang akan berpikir cara ini sulit  (Terutama mungkin karena tips dan cara ini panjang)

Maka dari itu, supaya tahu apakah ini sulit atau tidak…silahkan buktikan sendiri dengan langsung mencobanya.

Kemudian kalau ada yang masih tidak dimengerti, tinggalkanlah komentar di bawah ini.

Untuk Mendaptkan Informasi Detail Tentang Fitur Toko Online Klik APLIKASI DAN WEBSITE TOKO ONLINE